Konten Terbaru:
Home » » Tiongkok Berminat Investasi Singkong di Indonesia

Tiongkok Berminat Investasi Singkong di Indonesia

Written By Tepung Mocaf on Minggu, 25 Oktober 2015 | 25.10.15

Ilustrasi singkong. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan Tiongkok sangat berminat untuk investasi singkong di Indonesia. Namun upaya ini masih dibicarakan lebih lanjut.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Hasil Sembiring mengatakan sekitar 10 delegasi perwakilan dari Tiongkok yang terdiri dari anggota DPR dan pengusaha menemuinya bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Hari Priyono siang tadi di Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) terkait investasi singkong.

"Mereka (10 delegasi Tiongkok) dari Guangzhou. Mereka tertarik untuk mengembangkan singkong di sini. Ini bisnis," ujar Hasil Sembiring, saat ditemui di Kantor Dirjen Tanaman Pangan, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015).

Dirinya menambahkan, Tiongkok rencananya akan berinvestasi dari hulu sampai pabriknya. Namun dia masih belum bisa menjelaskan secara rinci berapa nilai investasinya lantaran hal ini masih dibicarakan.

"Belum ngomongin sampai detailnya. Mereka (Tiongkok) baru menyampaikan ketertarikannya saja. Timnya lagi turun, sedang dibicarakan," ungkap dia seraya mengatakan masalah pembibitan juga belum dibicarakan.

Adapun tim dari Tiongkok sedang melakukan survei di Lampung dan Kubu Raya untuk menentukan lokasi penanaman singkong. Alasan memilih survei di Lampung lantaran daerah tersebut merupakan daerah ubi kayu, sedangkan Kubu Raya masih memiliki lahan yang luas untuk menanam singkong.

"Kalau ubi kayu praktis lahannya yang luas, kalau sawah untuk dibuat ubi kayu kan rugi, tetep nilai ekonomis padi lebih bagus dari ubi kayu," tutupnya.

@http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/10/23/443852/tiongkok-berminat-investasi-singkong-di-indonesia
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved