Konten Terbaru:
Home » » Ini alasan kenapa selalu ada daun singkong pada masakan padang

Ini alasan kenapa selalu ada daun singkong pada masakan padang

Written By Tepung Mocaf on Kamis, 06 Agustus 2015 | 6.8.15

Brilio.net - Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan padang? Rumah makan yang hampir tersebar di seluruh Indonesia ini memang memiliki banyak penggemar. Lauknya yang bermacam-macam memang selalu bisa memenuhi hasrat perut. 

Bicara soal masakan padang biasanya, apapun menu yang dipilih untuk menjadi santapan, pasti ada satu hal yang tak pernah tertinggal untuk menjadi pendamping menu utama, yaitu daun singkong, tapi pernahkah terpikir kenapa daun singkong selalu ada dalam menu masakan padang? 

Menurut Faisal (32) seorang penjual masakan padang di kawasan Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, bahwa adanya daun singkong dalam masakan padang adalah sebuah tradisi turun temurun. 

"Ya sebenarnya itu tradisi kita orang Padang. Katanya sih sejak zaman nenek moyang, daun singkong itu sudah mutlak jadi lalapan. Beda sama orang sunda yang suka lalapan dengan macem-macem sayuran," tutur Faisal kepada brilio.net, Jumat (31/7).

Tapi menurut Faisal ada alasan tersendiri lainnya dibalik itu semua. Menurutnya masakan padang itu memiliki beberapa filosofi. Salah satunya yang berkaitan dengan daun singkong adalah filosofi yang menggambarkan kesederhanaan orang Padang. 

"Daun singkong itu kan bahan yang murah bahkan nggak perlu beli kita bisa ambil di kebun. Istilahnya kita nggak perlu barang mahal untuk membuat makanan enak," jelas Faisal lagi 

Tidak sampai situ saja, ternyata ada alasan lainnya yang dijelaskan oleh Faisal. Masakan padang terkenal dengan bumbunya yang pekat dengan banyak menggunakan santan, minyak dan cabai. Belum lagi jenis lauknya yang banyak mengandung kolesterol tinggi. Ternyata di situlah kegunaan daun singkong tersebut. 

"Daun singkongnya bisa jadi penyeimbang untuk mengurangi kolesterol yang masuk ke perut," pungkas Faisal.

@http://www.brilio.net/news/ini-alasan-kenapa-selalu-ada-daun-singkong-pada-masakan-padang-1507312.html
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved