Konten Terbaru:
Home » » Gerakan Penanganan Pascapanen Kedelai di Sulawesi Tengah

Gerakan Penanganan Pascapanen Kedelai di Sulawesi Tengah

Written By Tepung Mocaf on Senin, 15 Juni 2015 | 15.6.15

Kabupaten Banggai adalah satu kabupaten pusat penghasil kedelai di Sulawesi Tengah. Di salah satu kelompok tani yaitu kelompok tani Sidomakmur, Desa Nipa Kalimoan, Kecamatan Bualimo Kabupaten Banggai saat ini telah menanam kedelai Varietas Anjasmoro di lahan seluas 275 ha pada MH 2014/2015, apabila ditambah dengan swadaya dapat mencapai lebih dari 300 ha yang ditanam di lahan kering dekat pantai teluk Tomini.
Dalam rangka mendukung peningkatan kedelai, Kementan telah melakukan berbagai upaya tidak hanya pada sektor produksi, namun juga masalah pasca panen. Untuk itu Dinas Pertanian Provinsi Sulteng, Dinas Pertanian Kabupaten Banggai dan BPTP Sulteng, mengadakan peragaan pascapanen kedelai dalam mendukung program Gerakan Penanganan Pascapanen Kedelai di kelompok Tani Sidomakmur, Desa Nipa Kalimoan Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai beserta instansi terkait termasuk para pendamping dari Babinsa Kodim Kabupaten Banggai. Acara diawali dengan paparan masalah produksi kedelai oleh kepala BPTP Sulteng dan peneliti Balitkabi, pascapanen oleh peneliti BB Mektan, IPB, dan jajaran pemerintah Provinsi Sulteng.
Gerakan Penanganan Pascapanen bertempat di areal pertanaman kedelai kelompok tani Sidomakmur, Desa Nipa Kalimoan Kecamatan Bualemo yang ditanam di lahan kering dengan pola tanam kedelai-kedelai-bero. Acara dilanjutkan dengan panen ubinan, dan temuwicara yang dipandu oleh Staf Ahli Gubernur Sulteng didampingi oleh jajaran Dinas Pertanian Provinsi Sulteng, Kabupaten Banggai, peneliti Balitkabi, Kepala BPTP Sulteng, IPB dan BB Mektan. Hasil kedelai yang diperoleh melalui ubinan sekitar 2,6 t/ha (biji kering panen) dan capaian ini adalah hasil rata-rata yang diperoleh petani di kelompok tani Sidomakmur selama ini.
Pertanaman kedelai varietas Anjasmoro yang siap panen (kanan)
dan suasana temu lapang di lahan Kelompok Tani (kiri).

Para petugas pendamping bersama Kasdim Banggai (kedua dari kiri) (kiri),
petugas dan penyuluh saat menyaksikan panen ubinan oleh kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulteng (kanan).
Penyerahan buku Panduan Budidaya Kedelai oleh Kepala BPTP Sulteng, kepada Penyuluh Koordinator Kecamatan Bualemo.

Sumber:http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/kilas-litbang/1926-gerakan-penanganan-pascapanen-kedelai-di-sulawesi-tengah.html
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved