Konten Terbaru:
Home » » Wow Singkong, Ternyata Tanaman Kampung ini Kaya Khasiat!!

Wow Singkong, Ternyata Tanaman Kampung ini Kaya Khasiat!!

Written By Unknown on Jumat, 15 Mei 2015 | 15.5.15

Foto: Singkong, tanaman yang mudah tumbuh walaupun di lahan tandus ini ternyata punya segudang manfaat kesehatan

Pernah menyantap ubi kayu atau populer disebut dengan singkong? Singkong merupakan salah satu hidangan yang sudah sangat akrab khususnya pada masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan. Memiliki sifat mudah tumbuh, itulah yang membuat banyak orang dapat menanam tanaman yang memiliki nama latin manihot utilisima ini.

Singkong dapat tumbuh dimana saja, di halaman rumah, pekarangan atau sebagai pagar hidup. Hanya bermodalkan potongan batang dan di tancapkan ke tanah, Singkong akan bersemi dalam rentang waktu yang tidak lama. Ubi kayu atau singkong ini sangat nikmat bila digoreng atau dibakar. Namun, belum banyak yang mengetahui bila singkong tak hanya sebagai cemilan dikala waktu senggang tapi juga memiliki manfaat lain untuk tubuh.

Menilik kandungannya, singkong mempunyai total kalori 2 kali lipat daripada kentang. Hal tersebut terbilang sangat wajar karena ubi kayu merupakan satu dari beberapa jenis makanan pokok yang sarat akan karbohidrat. Pada 100 g singkong, terkandung 160 kalori yang didominasi oleh gulasukrosa.

Tak hanya itu, singkong pun mempunyai sejumlah kandungan mineral penting untuk tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga dan zat besi. Kadar kalium yang juga terdapat pada singkong mampu mencukupi keperluan harian di dalam tubuh.

Beberapa khasiat kesehatan dari singkong ini adalah sebagai berikut:

Cegah Anemia. Singkong adalah pemasok vitamin B kompleks dan grup vitamin, misalnya folic acid, vitamin B1, pyridoxine, vitamin B2, serta asam pantotenat. Manfaat unsur riboflavin akan membantu perkembangan tubuh serta menghasilkan sel-sel darah merah guna mencegah terjadinya anemia.

Cegah Stroke, Kanker Usus Besar, dll.Singkong pun mampu mengurangi konsentrasi trigliserida sekaligus sebagai pensuplai kebutuhan serat yang baik. Fakta tersebut menjadikan ubi kayu sebagai pencegah terjadinya serangan jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah yang mengidap diabetes. Manfaat tersebut diperoleh dengan mengukus atau merebus singkong.

Meningkatkan Stamina Otat. Singkong mempunyai komposisi protein yang tinggi jika dibandingkan dengan ubi rambat, kentang ataupun pisang. Hal ini sangat cocok untuk yang sedang melatih stamina otot.

Tak hanya khasiat di atas, singkong pun diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya demam, rematik, nyeri kepala hingga memperkuat daya tahan tubuh. Keren!


Sumber: http://www.jitunews.com/read/13782/wow-ternyata-tanaman-kampung-ini-kaya-khasiat#ixzz3aD85kL3h


Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved