Konten Terbaru:
Home » » Bawa Nutrisi Sayuran Pelangi ke Piring Anda

Bawa Nutrisi Sayuran Pelangi ke Piring Anda

Written By Unknown on Rabu, 06 Mei 2015 | 6.5.15

Mendapatkan sumber gizi tak harus selalu dari sayuran hijau. Anda juga bisa memperoleh beragam manfaat gizi dari sayuran beraneka warna. yuk sajikan sayuran warna-warni dalam menu makan si kecil.
Salah satu trik paling sederhana untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi si kecil adalah memberinya variasi sayuran yang beraneka warna. Pigmen yang menimbulkan warna-warni pada sayuran disebut phytonutrient. Punya fungsi mirip antioksidan, bahan alami pada tanaman ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.
Yuk sajikan sayuran warna-warni dalam menu makan si kecil, untuk mendapatkan gizi terbaik bagi tumbuh kembangnya.
Merah
Warna merah pada sayuran biasanya merupakan tanda tinggi kandungan vitamin A (beta carotene) dan C, selain itu juga tinggi mineral dan serat. Menurut situs Livestrong, warna merah pada sayur disebabkan kandunganlycopene dan anthocyanins, antioksidan yang ampuh tangkal radikal bebas. Masukkan tomat, bit, dan paprika merah dalam menu makanan sehari-hari si kecil
Kuning dan oranye
Diwakili oleh wortel, ubi, labu, dan juga paprika kuning, warna kuning yang dimiliki sayuran tersebut berasal dari tingginya kadar carotene di dalamnya. Seperti dilansir di situs Livestrong, zat tersebut kemudian diubah oleh tubuh si kecil menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam menjaga fungsi mata.
Biru dan ungu
Walau jarang ditemui, sayuran berwarna biru atau ungu seperti radicchio, kol ungu, dan wortel ungu mempunyai antioksidan terkuat yang disebut anthocyanin. Menurut penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health, mengonsumsi 2-5 porsi buah atau sayur yang tinggi anthocyanin, dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Jangan ragu untuk memberikan sayuran ini pada si kecil ya, Bu.
Putih
Kumpulan pigmen bernama anthoxanthin bertanggung jawab atas warna putih kekuningan pada sayur. Situs Everydayhealth menyebutkan mengonsumsi kembang kol dan singkong dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil akan vitamin C, K, dan folat. Jangan lupakan bawang putih dan bombay yang kaya senyawa allicin, untuk membantu menjaga kesehatan jantung.
Hijau
Sayuran yang paling umum ditemui adalah yang berwarna hijau. Ahli nutrisi Kathy Taylor merekomendasikan untuk memasukkan bayam ke dalam menu konsumsi si kecil. Selain tinggi serat, sayuran berdaun hijau tua ini kaya akan lutein yang menjaga kesehatan mata, dan folat untuk regenerasi sel-sel di tubuh.
Sajikan sayuran aneka warna ini pada si kecil. Selain sebagai variasi untuk memancing nafsu makan anak, juga bagus untuk menjaga kesehatannya.

Sumber: http://bkp.sumbarprov.go.id/berita-314-bawa-nutrisi-sayuran-pelangi-ke-piring-anda.html
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved