Konten Terbaru:
Home » » Pemprov Papua Segera Bangun Pabrik Pengolahan Ubi Jalar

Pemprov Papua Segera Bangun Pabrik Pengolahan Ubi Jalar

Written By Unknown on Selasa, 31 Maret 2015 | 31.3.15

Foto: Minuman fungsional sehat dari ubi jalar ungu yang sedang dikembangkan UNEJ

Foto: Beras Cerdas(beras tiruan) ubi ungu yang dikembangkan UNEJ

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berencana untuk segera membangun pabrik pengolahan petatas (ubi jalar) di Kabupaten Keerom. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musa'ad mengatakan, lahan dan alat untuk membangun pabrik tersebut sebenarnya sudah lama tersedia, hanya belum diketahui mengapa hingga kini belum dijalankan.

"Sudah lama mesin pengolahannya ada dan sekarang ada di gudang Pemda, ini kami sangat sayangkan karena harganya pasti mahal dan juga sebagai bantuan dari pemerintah pusat kita perlu dipertanggungjawabkan," ujarnya di Jayapura, Selasa (31/3). Menurut Musa'ad, pabrik pengolahan petatas tersebut akan memproduksi beberapa jenis panganan, seperti biskuit dan mie dan akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal Papua.

Namun sebelum memulai pembangunan, ia mengatakan Pemprov Papua akan terlebih dahulu menganalisa penyebab belum jalannya pembangunan pabrik tersebut yang sudah diagendakan sekitar tahun 2009. "Setelah rapat bidang ekonomi beberapa waktu lalu kami tindak lanjuti dengan turun ke lapangan dan kami lihat mesinnya masih di peti kayu sehingga kita harapkan mesin itu masih bisa digunakan," ujarnya.

Untuk mematangkan rencana tersebut, Musa'ad mengungkapkan bahwa Pemprov dalam waktu dekat akan segera meninjau lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan pabrik dan pembuatan lahan pertanian Petatas. "Makanya saya mengajak teman-teman dari Dinas Perindustran dan Perdagangan untuk melihat secara langsung. Nanti dipimpin oleh Asisten II Sekda Papua bersama SKPD terkait akan turun lapangan ke Keerom untuk melihat lahan dan kemungukinan untuk pengembangan lahan yang lebih luas lagi agar 2016 bisa kita mulai," ucapnya.

Ia pun menginginkan agar nantinya suplai petatas tidak hanya berasal dari Keerom, tetapi juga dari Kabupaten lainnya. "Nantinya di Keerom akan dibangun pabrik dan pertaniannya, tetapi kalau sudah mulai beroperasi kita harapkan juga ada suplai bahan dasar petatas dari daerah lain," katanya.

Sumber: beritasatu.com dari Antara
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved