Konten Terbaru:
Home » » Cluster Chips Ponorogo Mengolah Limbah Chps Mocaf Menjadi Nata de Cassava

Cluster Chips Ponorogo Mengolah Limbah Chps Mocaf Menjadi Nata de Cassava

Written By Tepung Mocaf on Selasa, 31 Maret 2015 | 31.3.15

Foto: Tim Mocaf dan Kelompok Tani "Baru Muncul" Ponorogo

Ponorogo - Jumat, 27 Maret 2015. Tim peneliti Mocaf dari Universitas Jember dan Poltek yang dipimpin oleh Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr., Ph.D.melakukan kunjungan dan pembinaan di salah satu Cluster Chips Mocaf di Ponorogo. Berlokasi di dusun Mingging, desa Grogol Kecamatan Sawoo, Bapak Jemani -Ketua Kelompok Tani "Baru Muncul"- memproduksi Chips Mocaf.

Jemani telah melakukan aktifitas produksi Chips Mocaf bekerja sama dengan PT. Bangkit Cassava Mandiri selaku produsen tepung Mocaf di Solo selama 4 tahun. Hasilnya pun dapat dirasakan sampai saat ini dan semakin berkembang. "Kami berpikir, bagaimana mengolah limbah Chips Mocaf agar tidak mengganggu masyarakat sekitar dan lebih berdaya guna. Kemudian kami menemukan ide untuk membuat nata de cassava" demikian disampaikan Jemani.

Hasil produksi Chips yang mencapai 6 ton menghasilkan limbah yg melimpah untuk produksi Nata. "Kami bekerja sama dengan salah satu perusahaan Nata de Coco di Solo, dan kami pun bisa memanen Nata de Cassava tiap 2 minggu dengan kapasitas 7 ton sekali angkut, perkilo dihargai Rp. 1.200,-" tambah Jemani.


Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved