Konten Terbaru:
Home » » CIAT bertekad membantu pengembangan singkong Indonesia

CIAT bertekad membantu pengembangan singkong Indonesia

Written By Unknown on Senin, 30 Maret 2015 | 30.3.15

Foto: Achmad Subagio menyampaikan kondisi dan prospek singkong di Indonesia

Singkong mempunyai potensi yang besar di Indonesia, walaupun belum dilirik oleh pemerintah, namun CIAT (Centro Internacional de Agricultura Tropical, atau International center for Tropical Agriculture) akan membantu pengembangan singkong di Indonesia. Demikian salah satu hasil workshop tentang singkong yang diselenggarakan oleh CIAT di Bogor (Selasa, 17/3/2015). Lembaga internasional yang berpusat di Columbia ini menangani Pengembangan pertanian di daerah tropis, dimana salah satu komiditi fokusnya adalah singkong.

Dalam kesempatan itu, Achmad Subagio diminta untuk menjadi nara sumber yang menyampaikan gambaran tentang perkembangan singkong saat ini di Indonesia. Beliau memaparkan tentang peran singkong pada perekonomian Indonesia, yang mempunyai nilai perdagangan 100 Trilyun Rupiah setiap tahun. Disampaikan pula, best practice dari pengembangan industri MOCAF (Modified Cassava Flour) yang berperan dalam peningkatan kesejahteraan petani dan kedaulatan pangan nasional.

Workshop yang dihadiri para pakar dan pelaku singkong di seluruh Indonesia ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting pengembangan singkong di Indonesia, di mana yang paling pokok adalah perlunya program (1) penyediaan bibit unggul bagi petani, (2) pengembalian unsur hara yang utamanya pupuk organik dan (3) penguatan kelembagaan petani singkong.

Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved