Konten Terbaru:
Home » » Atasi Krisis Pangan dengan Si Beras Cerdas

Atasi Krisis Pangan dengan Si Beras Cerdas

Written By Tepung Mocaf on Minggu, 25 Januari 2015 | 25.1.15



Jika berkunjung ke Kabupaten Jember, Jawa Timur, jangan lupa menyantap mocaf. Penganan ini memang bukan santapan ringan khas Jember seperti tape Jember atau suwar-suwir (sejenis dodol). Mocaf adalah kependekan dari modified cassava flour yang terbuat dari tepung ubi kayu. Tepung ini dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi butiran ‘’beras’’.
 Sumber foto: antarafoto
Setelah dimasak, mocaf dapat dihidangkan sebagai pengganti nasi. Inilah jenis pangan unggulan baru dari kota Jember. ‘’Riset tentang mocaf ini merupakan bagian dari upaya antisipasi krisis pangan akibat cuaca ekstrem dan global warning yang melanda dunia, termasuk Indonesia,’’ kata Apriyanto, Kepala Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Jawa Timur.


Penelitian ‘’beras tiruan’’ ini, menurut Apriyanto, dilakukan sejak 2001. ‘’Kini telah sampai pada tahap uji coba untuk dikonsumsi,’’ katanya. Apriyanto menyatakan, beras mocaf tak ubahnya beras asli. Begitu pula cita rasanya setelah dimasak. Kandungan gizi beras mocaf juga tak kalah dari beras asli. ‘’Mocaf mengandung karbohidrat, protein, dan mineral yang memadai. Inilah alternatif pangan yang menyehatkan,’’ ujarnya.

Sumber: Repository Universitas Jember
Selanjutnya bisa didownload, klik di sini.
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved