Konten Terbaru:
Home » » MOCAF SEBAGAI SALAH SATU SLOT PANGAN NASIONAL: SEMANGAT DARI KICK OFF MEETING PROYEK LPDP

MOCAF SEBAGAI SALAH SATU SLOT PANGAN NASIONAL: SEMANGAT DARI KICK OFF MEETING PROYEK LPDP

Written By Unknown on Senin, 26 Januari 2015 | 26.1.15



Kebutuhan pangan nasional, untuk memenuhi 250 juta rakyat Indonesia, tidak akan dengan mudah dipenuhi dari padi saja. Karena jumlah lahan subur yang terbatas. Dengan lahan marginal yang mencapai 60 juta hektar, singkong menjadi sangat potensial untuk mendampingi beras sebagai bahan pangan sumber karbohidrat, karena singkong dapat tumbuh dengan mudah dan berproduktivitas tinggi pada lahan tersebut.

MOCAF sebagai olahan singkong yang terbukti mampu diterima oleh masyarakat, dan telah diindustrialisasikan, diharapkan mampu menjadi salah satu slot pangan nasional. Demikian semangat yang muncul saat kick off meeting dari proyek “Optimalisasi Industri MOCAF (Modified Cassava Flour)  di Wilayah Jawa Bagian Selatan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Ketahanan Pangan Nasional” di Ruang Sidang Lembaga Penelitian Universitas Jember (Sabtu, 24/1 2015).

Proyek yang dibiayai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan ini menekankan pada peningkatan kapasitas Industri MOCAF yang telah diproduksi oleh PT. Bangkit Cassava mandiri (BCM), sehingga mempunyai daya ungkit bagi ketersediaan bahan pangan yang murah dan bermutu dari bahan lokal khususnya singkong. Daya ungkit lainnya yang diharapkan adalah kesejahteraan petani, produsen chips, outlet produk MOCAF dan berbagai pihak yang terlibat dalam proses produksi dan penggunaan MOCAF.


Saat pertemuan tersebut, hadir tenaga peneliti dan pembantu peneliti yang terlibat pada proyek ini dari Universitas Jember, Politeknik Jember, Balai Besar Pasca Panen dan Balai Penelitian Aneka Kacang dan Umbi. Untuk meningkatkan semangatnya, kepada peserta yang hadir disajikan aneka kue dari MOCAF sebagai makanan kecilnya, Mie MOCAF dan Beras cerdas sebagai makan siangnya. 


Aneka kue jajanan pasar terbuat dari mocaf 




Mi Ayam Jamur, Mie terbuat dari tepung mocaf.


Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved