Konten Terbaru:
Home » , » MOCAF Didorong Untuk Menggantikan Terigu

MOCAF Didorong Untuk Menggantikan Terigu

Written By Tepung Mocaf on Selasa, 03 Januari 2017 | 3.1.17

Ilustrasi MOCAF berbahan dasar singkong

BOGOR (Pos Kota) – Untuk mengurangi ketergantungan terhadap tepung terigu yang bahan bakunya dari gandum impor, didorong pemanfaatan tepung mocaf (modified cassava flour) yang berbahan baku singkong.  Ini diharapkan bisa mengurangi impor gandum dan meningkatkan pemanfaatan hasil panen singkong petani lokal.
“Kami sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan swasta untuk memperluas pemanfatan tepung mocaf ini,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian  Kementerian Pertanian Muhammad  Syakir, Selasa (3/1/2017).

Ia menyampaikan itu di sela-sela acara Launching Produk Inovasi Pascapanen Nanobiosilika dan Produk Olahan Bawang Merah di Kantor Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian, Bogor, kemarin.

Menurutnya, jika perluasan pemanfaatan tepung mocaf ini berhasil maka sejumlah keuntungan diperoleh sekaligus. Diantaranya ketergantungan terhadap impor gandum berkurang. Namun, yang lebih penting adalah langkah ini bisa mensejahterkan petani. Sebab hasil panen mereka bisa dimanfaatkan dengan baik dan lebih luas.

Seperti diketahui saat ini harga singkong segar petani hanya sekitar Rp 1.000 per kilogram. Sementara jika diolah menjadi mocaf harganya sekitar Rp 7.500 per kilogram. Dengan perbandingan 3 kilogram singkong dapat dibuat  menjadi 1 kilogram mocaf.

Selama ini diversifikasi pangan dimasyarakat banyak kurang tepat. Mereka mengurangi makan nasi dengan menggantinya dengan mie dan roti yang berbahan baku dari terigu. Akibatnya semakin lama impor gandum semakin besar akibat meningkatnya konsumsi mie dan roti.

Jika bahan baku roti dan mie tersebut bisa diganti dengan tepung mocaf yang berbahan baku singkong maka ketergantungan terhadap gandum bisa dihilangkan. Apalagi hampir semua wilayah di Indonesia bisa menghasilkan singkong dengan baik.

Menurut Syakir, pihaknya memang diminta oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman agar lebih aktif menyebar luaskan hasil-hasil penelitiannya. Ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat karena dana yang digunakan berasal dari mereka.

Selain tepung mocaf banyak hasil penelitian yang telah dihasilkan seperti aneka produk buah olahan dan hasil pertanian lainnya. Selain itu pemanfaatan aneka bahan limbah seperti sekam padi, kulit manggis juga banyak dihasilkan.  


Sumber: poskotanews[dot]com
Share this article :

1 komentar:

  1. http://bubukjahemagelang.wordpress.com
    http://jualkunyitbubuk.blogspot.co.id/
    http://jualtribulusbubuk.blogspot.com/
    http://jualpupukorganikmagelang.blogspot.co.id/
    http://jualtemulawakasli.blogspot.co.id/
    http://jual-kunyitputihbubuk.blogspot.co.id/

    BalasHapus


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved