Konten Terbaru:
Home » » Pemprov Jatim Dukung Pemanfaatan Lahan TNI Jadi Lebih Produktif

Pemprov Jatim Dukung Pemanfaatan Lahan TNI Jadi Lebih Produktif

Written By Tepung Mocaf on Selasa, 13 Desember 2016 | 13.12.16

Ilustrasi Pemanfaatan Lahan TNI
Pasuruan - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendukung kontribusi TNI AL dalam memperkuat ketahanan pangan nasional dengan memanfaatkan lahan kering menjadi lahan produktif. 

Dukungan tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Budidaya Tanaman Dilahan Kering dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional di Puslatpor Grati, Kabupateb Pasuruan, Jumat (9/12/2016).

Menurut Gus Ipul melalui siaran pers yang diterima detikcom, memanfaatkan lahan kering menjadi lahan produktif tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen dan keinginan kuat dalam memanfaatkannya. 

"Lahan kering yang dilakukan di Grati ini, dimanfaatkan dengan menanam Buah Nanas. Jika hasil produksi buah nanas yang dicapai terus meningkat, masyarakat sekitar dapat dilibatkan untuk mendorong hasil panen yang ada," ungkapnya. 

Gus Ipul mengatakan, bahwa dukungan TNI dalam rangka mendukung ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kering menjadi lahan produktif sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian di bidang pangan di Indonesia. 

Bahkan, Presiden RI pertama Soekarno menyebut Food is Weapon. Artinya, siapa yang menguasai pangan dialah yang akan menang seolah olah menguasai senjata. 

"Makanan adalah senjata, siapa yang menguasai pangan dialah yang akan menjadi negara yang kuat," tegasnya. 

Gus Ipul mengaku prihatin, masih banyaknya sejumlah komoditi pangan yang impor seperti beras, gula hingga garam padahal Indonesia adalah negara yang subur dan bisa mencukupi kebutuhan pangan dari masyarakatnya sendiri. 

Maka, pemerintah bersama TNI AL terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan sehingga Indonesia menjadi negara pemenang. 

Dihadapan, KASAL, Gus Ipul melaporkan bahwa kontribusi TNI AL bersama Pemprov Jatim sangatlah positif. Salah satunya, diwujudkan melalui kerjasama renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) terutama kepada masyarakat di wilayah pesisir pantai. 

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, budidaya tanaman kering merupakan salah satu cara yang diberikan oleh TNI AL guna memberikan kesejahteraan kepada prajurit dan keluarga dengan memanfaatkan lahan yang ada. 


Ia menjelaskan, tujuan dari membudidayakan lahan kering di lahan TNI AL adalah untuk memberikan kesempatan kepada prajurit usai berdinas hingga yang mendekati masa purna tugas atau pensiun. 

Mengingat, usia pensiun seorang prajurit harus memiliki keterampilan sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan keluarga. Ade menuturkan, banyak usaha-usaha yang bisa menambah kesejahteraan, salah satunya yakni memanfaatkan lahan pertanian. 

Maka, pembekalan keterampilan di bidang pertanian menjadi program yang akan terus dikembangkan di TNI AL. 

"Lahan kering seperti ini bisa dimanfaatkan untuk memanfaatkan buah-buahan seperti nanas atau buah naga. Semoga ini bisa menginspirasi daerah lainnya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata dia.


Sumber: news[dot]detik[dot]com
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved