Konten Terbaru:
Home » » Partisipasi Universitas Jember dalam Indonesia Research and Innovation Expo 2016

Partisipasi Universitas Jember dalam Indonesia Research and Innovation Expo 2016

Written By Tepung Mocaf on Kamis, 01 Desember 2016 | 1.12.16

Ilustrasi Tim Universitas Jember

Surabaya- Universitas Jember ikut berpasrtisipasi dalam Indonesia Research and Innovation Expo 2016 di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Airlangga pada tanggal 10 – 12 November 2016.

Indonesia Research and Innovation Expo 2016
Universitas Airlangga mengundang perguruan tinggi (Perti) se-Indonesia Timur dan kalangan industri dari berbagai daerah di Indonesia. Selain Universitas Jember, perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut antara lain: Universitas Indonesia (UI), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Makasar (UNM), Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO), Universitas PGRI Adi Buana, Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Jambi, Universitas Mataram, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gorontalo, dan Universitas Narotama Surabaya (lppa-hki.unair.ac.id).

Untuk kalangan industri dan dinas yang ikut meramaikan acara tersebut antara lain: Dinas Pertanian Banyuwangi, Pemda Banyuwangi, Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Disperindag Kab. Sidoarjo, Diperindag Kab. Probolinggo, Dinas Peternakan Jatim, PT. Sanbe Farma, PT. BUCCI, PT. Kalbe Farma Animal, PT. Kalbe Farma Human, Pusat Studi Perlebahan, PT. Jamu Borobudur, PT. GP Jamu Jatim, PT. Parahita, PT. Animas, PT. PETROSIDA, PT. Jakarta Pos, dan juga dari beberapa lembaga, unit, dan fakultas dari Universitas Airlangga (lppa-hki.unair.ac.id).

Kegiatan expo tersebut merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban dari suatu lembaga seperti perguruan tinggi kepada masyarakat dengan harapan hasil penelitian yang telah dilakukan akan bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat. Expo ini dibuka untuk umum dan dihadiri oleh pengunjung dari beberapa kalangan, yaitu: warga sekitar, para pelajar SMA dan SMK se-derajat se-Surabaya.


Tim Universitas Jember
Dalam acara expo tersebut, Universitas Jember mengambil tema “Gerak Inovasi & Dampaknya Untuk Negeri” dengan mengangkat sumber bahan lokal yaitu singkong. Berbagai macam produk berbasis singkong ditampilkan dari hulu hingga hilir, baik produk setengah jadi maupun produk jadi. Salah satu produk inovasi unggulan Universitas Jember yang telah tidak asing lagi yaitu MOCAF (Modified Cassava Flour) yang pertama kali dikenalkan oleh Prof. Ir. Achamad Subagio, M. Agr., Ph.D. Berbagai macam produk olahan MOCAF juga dipamerkan seperti beras cerdas, brownies, cookies, snack, dan tepung premix (rempeyek & cookies), dimana semua produk tersebut adalah hasil penelitian mahasiswa Universitas Jember. Selain produk olahan MOCAF, ada pula produk berbahan dasar singkong yang dipamerkan yaitu rengginang. Tidak hanya dipamerkan, produk-produk tersebut juga dijual jika ada pengunjung yang berminat untuk membelinya.

Tidak hanya itu, kami juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati mie MOJANG (MOCAF dan jagung) gratis. Tidak sedikit pengunjung yang datang berbondong-bondong dan rela antri demi dapat merasakan mie MOJANG yang juga merupakan hasil penelitian dari mahasiswa Universitas Jember. Selain pelajar SMA dan SMK, para pengunjung lokal dan ibu-ibu juga tertarik untuk menikmati mie tersebut. Banyak yang berkomentar bahwa mie-nya enak, dan banyak juga yang bertanya apakah sudah ada yang menjual di daerah Surabaya.

Tim Universitas Jember juga memfasilitasi dan melayani jika ada pengunjung yang ingin bertanya atau berdiskusi mengenai produk-produk yang kami pamerkan. Selain itu, juga disediakan tester produk-produk yang dipamerkan tersebut, sehingga pengunjung bisa merasa nyaman untuk berdiskusi sambil mencicipi tester yang telah disediakan.

Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved