Konten Terbaru:
Home » » BPPT Kenalkan Aneka Produk Beras Nonpadi

BPPT Kenalkan Aneka Produk Beras Nonpadi

Written By Tepung Mocaf on Kamis, 20 Oktober 2016 | 20.10.16

Ilustrasi beras (Health24)


Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mensosialisasikan aneka beras yang berbahan pangan lokal nonpadi kepada sejumlah pejabat Badan Ketahanan Pangan tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Bengkulu.

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Eniya Listiani Dewi mengatakan, bahan pangan lokal yang diolah menjadi beras tersebut antara lain dari tepung jagung, pati singkong, dan singkong segar.

"Produk-produk olahan ini kami kembangkan di Technopark Lampung yang digagas atas kerja sama BPPT dan Pemprov Lampung serta Pemda Lampung Tengah," kata Eniya saat sosialisasi di Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (17/10).

Produk pangan beras berbahan tepung jagung dan pati singkong diberi nama "Beras Sehatku". Sedangkan pangan dari bahan baku singkong segar diberi nama "Beras Sigerku".

Ada pula produk bernama "Beras Tiwulku" yang menggunakan tepung gaplek sebagai bahan baku utamanya.

Ketiga produk beras nonpadi tersebut, kata Eni, tidak mengandung bahan tambahan seperti pengawet, pewarna, atau penyedap makanan yang berbahaya bagi yang mengkonsumsinya.

Saat sosialisasi di hadapan pejabat Badan Ketahanan Pangan (BKP) serta sejumlah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut, produk inovatif pangan sehat itu turut dipamerkan.

Para peserta sosialisasi tersebut juga mendapatkan masing-masing tiga jenis beras yang diharapkan dapat menjadi bahan sosialisasi hingga ke masyarakat.

"Inovasi pangan berbahan baku lokal ini untuk penganekaragaman pangan selain beras dari padi, sekaligus upaya mengurangi impor beras," ucap Eniya.

Dia menambahkan bahwa beras nonpadi tersebut juga mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah dari beras padi, sehingga sehat dan cocok untuk masyarakat yang ingin mengurangi konsumsi karbohidrat penghasil gula.

Tidak hanya olahan beras nonpadi, dalam kesempatan itu, BPPT juga mengenalkan produk Tepung Sugih dan Tepung Fantasi.

Tepung Sugih adalah tepung singkong termodifikasi yang cocok digunakan sebagai bahan baku aneka produk makanan ringan, termasuk kue kering.

Sedangkan Tepung Fantasi atau singkatan dari "Fermented Native Starch" adalah pati singkong yang dimodifikasi dengan cara fermentasi. Tepung ini sangat cocok digunakan sebagai bahan membuat pempek maupun aneka kue basah.

Asisten II Sekda Provinsi Bengkulu Iskandar mengapresiasi upaya BPPT mensosialisasikan produk pangan nonpadi tersebut untuk menekan konsumsi beras masyarakat.

"Gerakan pengurangan konsumsi beras harus ditingkatkan karena beras tinggi kandungan gula yang mengakibatkan penyakit diabetes," kata Iskandar.

Dia mengatakan, sejumlah daerah di Bengkulu sudah mengembangkan produk olahan makanan non-padi seperti Kabupaten Kaur yang mengembangkan olahan pangan dari singkong. Sedangkan Kabupaten Mukomuko mengembangkan produk olahan makanan berbahan baku jagung.

Sumber:beritasatu [dot]com
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved