Konten Terbaru:
Home » » Pengrajin Makanan Tradisional Kesulitan Singkong

Pengrajin Makanan Tradisional Kesulitan Singkong

Written By Tepung Mocaf on Senin, 16 November 2015 | 16.11.15


BANYUMAS (KRjogja.com) - Para pengrajin makanan tradisional berbahan dasar singkong saat ini makin kesulitan mendapatkan ubi kayu tersebut. Pusat pengrajin makanan tradisional berbahan utama singkong, yakni Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Banyumas saat ini banyak yang menghentikan usahanya. 

"Kami, warga Desa Sokawera yang sebagian besar penduduknya sebagai pengrajin makanan tradisional berbahan utama singkong kini tengah kesulitan memperoleh bahan baku singkong. Sudah dua hari ini saya tidak membuat makanan tradisional Manggleng karena tidak ada singkong. Padahal pemesanan sedang banyak sekali," tutur Kartini (38), salah satu pengrajin makanan trdisional yang tinggal di RT 4/RW 1, Jumat (23/10).

Menurut dia, kelangkaan singkong hampir dialami seluruh pengrajin makanan tradisional. "Semua pengrajin makanan tradisional sekarang menganggur. Saya saja biasa memperoleh singkong dari pengepul, kata pengepul sekarang masih kosong," ujar Kartini.  

Kades Sokawera, Mukhayat, mengakui jika faktor utama kendala para pengrajin makanan tradisional tidak bisa berkembang lebih maju akibat singkong makin sulit didapat. "Desa kami memang amat dikenal sebagai desa kerajinan makanan tradisional bahan singkong. Makanan tradisional buatan warga rata-rata berbahan singkong, seperti manggleng, sriping dan lainnya sudah dikenal masyarakat luas. Pemesannya tak hanya dari Cilongok melainkan sampai ke Purwokerto, bahkan Brebes. Maka, kami sadar, terutama makanan Manggleng dapat sebagai aset desa yang perlu dikembangkan semacam gethuk goreng Sokaraja. Langkah kami mengimbau kepada warga yang mempunyai lahan luas supaya tanahnya ditanami singkong saja" jelasnya.

Selain itu, ia ingin dari Dinkes untuk lebih mempermudah perizinan sehingga bisa dipasarkan di supermarket atau di toko-toko pusat oleh-oleh/jajan yang dapat menunjang perekonomian warga. "Khusus untuk makanan manggleng sebagai ciri khas makanan buatan warga Sokawera, kami berharap nantinya dapat sebagai oleh-oleh khas Banyumas bagi wisatawan selain gethuk goreng dan mendoan dan kripik," ujar Mukhayat. (Ero)

@http://krjogja.com/read/278670/pengrajin-makanan-tradisional-kesulitan-singkong.kr
Share this article :

1 komentar:

  1. Bila ada yang membutuhkan tepung mocaf hub saya, 085798579777.

    BalasHapus


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved