Konten Terbaru:
Home » » Sertifikasi Prima, Patokan Pangan Lokal Layak Konsumsi

Sertifikasi Prima, Patokan Pangan Lokal Layak Konsumsi

Written By Tepung Mocaf on Minggu, 18 Oktober 2015 | 18.10.15

Foto: Tristania Dyah/malangtimes
TIMESINDONESIA, MALANG - Kepala Balai Pengkaji Teknologi Pertanian Jawa Timur, Dr Ir Tri Sudaryono,MA mengakui tidak mudah mewujudkan ketahanan pangan. halHitu mengingat mindset masyarakat Indonesia yang masih bergantung pada nasi yang menjadi sumber  penghasil energi.
Perlu adanya kerja keras pemerintah agar masyarakat dapat merubah mindset dan mau mengonsumsi Sumber Daya Alam (SDA)  lokal sebagai makanan pokok.
"Selama ini,  jagung, singkong dan ubi jalar dimakan hanya sebagai cemilan padahal memiliki gizi dan zat penghasil energi yang lebih dari beras. Namun karena mindset kalau bukan nasi belum kenyang ya akhirnya makanan pokok adalah beras saja," jelas Tri.
Menurutnya, pemberian sertifikasi prima untuk pangan lokal dapat menumbuhkan pengertian baru dimasyarakat. Bahwa, pangan lokal bernilai sama dan lebih ekonomis dibanding beras. 
"Sertifikasi prima harus bisa menjadi patokan masyarakat. Dimana setiap pangan lokal yang bersertifikasi prima adalah makanan layak konsumsi untuk pengganti beras," pungkasnya.
Pemberian sertifikasi prima hanya dapat dilakukan oleh otoritas kompeten dalam arti pemerintah. Sehingga, masyarkat dapat seutuhnya percaya dengan kualitas pangan lokal tersebut. (*)
@http://www.sorongtimes.com/baca/106028/20151016/132304/sertifikasi-prima-patokan-pangan-lokal-layak-konsumsi/
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved