Konten Terbaru:
Home » » UBIKAYU NUABOSI JADI VARIETAS NASIONAL

UBIKAYU NUABOSI JADI VARIETAS NASIONAL

Written By Unknown on Selasa, 21 April 2015 | 21.4.15


“Kita doakan bersama bahwa ada rencana pemerintah propinsi untuk pelepasan Ubikayu Nuabosi menjadi varietas nasional. Dan menurut rencana Penetapan ubikayu sebagai varietas unggulan nasional akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September mendatang di Jakarta “ ujar Anggota Komisi 2 DPRD Propinsi NTT Yukundianus Lepa saat melakukan tatap muka dan kunjungan kerja dengan pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Ende, di lantai 2 Kantor Bupati Jalan Eltari Senin (30/3/15)

Menurut Yukun Lepa, selama ini masyarakat baik yang ada di Kabupaten Ende maupun di luar Kabupaten Ende sudah mengenal keunggulan ubi kayu Nuabosi soal cita rasanya dibandingkan ubi kayu dari wilayah lain termasuk yang ada di Kabupaten Ende sendiri. Apabila ubi kayu Nuabosi sudah ditetapkan menjadi varietas nasional kata Yukun, maka ini tentunya akan menjadi hak paten Kabupaten Ende, sehingga tidak ada lagi daerah lain yang akan mengklaim ubi kayu Nuabosi sebagai ubikayu produksi daerahnya.

”Selama ini kita mengenal ubi kayu Nuabosi enak, tapi begitu ada pengakuan sebagai varietas terbaik nasional maka hak patennya ada di kita sehingga tidak ada lagi daerah lain yang bisa klaim kalau ubi kayu Nuabosi sebagai produksi daerahnya”tegas Yukun.

Ia menuturkan, setelah ubi kayu Nuabosi ditetapkan menjadi varietas nasional maka ubi kayu Nuabosi akan menjadi satu-satunya produk pertanian yang sudah diakui sebagai ubi kayu varietas nasional asal Ende. Masyarakat Kabupaten Ende harus merasa bangga karena salah satu hasil produksi pertanian dari daerah ini akan ditetapkan menjadi varietas nasional.

Guna mendukung rencana penetapan ubi kayu nuabosi menjadi varietas nasional, maka saat ini pihak pemerintah Propinsi kata Yukun telah mengalokasikan anggaran dalam APBD Propinsi Tahun 2015 untuk perbaikan infrastruktur berupa pengerjaan jalan jurusan Nuabosi yang saat ini keadaanmya sangat memprihatinkan.

Perbaikan infrastruktur jalan menuju Nuabosi ini kata Yukun, akan sangat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan produksi ubi kayu Nuabosi. Dengan kondisi jalan yang baik maka pemasaran produksi ubi kayu Nuabosi akan semakin lancar dan ini tentunya akan memacu masyarakat untuk meningkatkan produksi ubikayu mereka.(Humas Pemkab Ende/ Helen Mey (eln)

Sumber: http://portal.endekab.go.id/component/content/article/40-berita/1594-ubikayu-nuabosi-jadi-varietas-nasional.html
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved