Konten Terbaru:
Home » , » Marzuki Alie Luncurkan Mi Mojang Ciptaan Universitas Jember

Marzuki Alie Luncurkan Mi Mojang Ciptaan Universitas Jember

Written By Tepung Mocaf on Jumat, 21 November 2014 | 21.11.14


ANTARA FOTO-Seno
surabaya.bisnis.com, JEMBER – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie meluncurkan mi berbahan  modified cassava flour  dan tepung jagung yang disingkat dengan mi mojang atau mocaf-jagung, di Agrotechnopark Universitas Jember, Jawa Timur.
"Produk ini cukup bagus untuk dikembangkan di daerah dan sebagai ketahanan pangan bangsa, sehingga ke depan tidak lagi tergantung dengan impor gandum atau terigu," kata Marzuki di sela-sela peluncuran mi mojang tersebut, Selasa {11/2/2014).
Marzuki bersama istrinya dengan didampingi Rektor Universitas Jember (Unej) M. Hasan bersama istrinya juga menikmati semangkuk mi mojang dengan minuman segelas es dawet mocaf.
"Rasanya enak dan tidak kalah dengan mi pada umumnya. Saya bangga dengan Unej yang mampu menciptakan pangan alternatif untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku terigu," ucap Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu.
Sementara Ketua tim pembuat mi mojang Prof Achmad Subagio mengatakan mi berbahan mocaf dan tepung jagung tersebut dibuat dengan menggunakan teknik ekstrusi dingin.
"Dalam teknologi ekstrusi dingin itu, untaian mi dibentuk dengan menekan adonan mi yang telah dikukus untuk menghasilkan gelatinisasi parsial ke dalam lubang-lubang kecil pada latekstruder dan teknologi sederhana itu dapat dijalankan oleh UKM," tutur penemu mocaf itu.
Menurut dia, mi mojang basah yang dihasilkan dengan teknik tersebut dapat dimasak menjadi mi ayam yang elastis, kenyal, dan tidak mudah hancur dengan perbandingan 50 tepung mocaf : 50 tepung  jagung.
"Mie mojang itu bisa juga dikeringkan untuk diolah menjadi mi goreng dan mi bakso walaupun dari segi tekstur masih terlalu elastis dan kenyal dibanding mi kering dari tepung terigu," paparnya.
Ketua Lembaga Penelitian Unej itu menegaskan mi berbahan mocaf dan jagung itu mengandung kadar protein berkisar 6-8 persen, serta dengan tambahan tepung jagung maka memiliki keunggulan tersendiri karena jagung mengandung zat karotenoid yang menjadi sumber vitamin A.
"Mi mojang tidak menggunakan pewarna buatan karena warna kuning didapat dari warna jagung dan mi ini aman untuk penderita diabetes," ujarnya.
Sumber : Antara
Editor : wahyu darmawan
source: http://surabaya.bisnis.com/m/read/20140211/7/68188/marzuki-alie-luncurkan-mi-mojang-ciptaan-universitas-jember

Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved