Konten Terbaru:
Home » , » Singkong Sebagai Bahan Baku Khas Kuliner Kalimantan Barat Dengan Kembangkan MOCAF

Singkong Sebagai Bahan Baku Khas Kuliner Kalimantan Barat Dengan Kembangkan MOCAF

Written By Tepung Mocaf on Senin, 06 Februari 2017 | 6.2.17

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, tengah mengembangkan industri tepung singkong fermentasi atau mocaf. Singkong jadi salah satu bahan baku kuliner khas daerah tersebut.
“Kami terus mendorong masyarakat untuk pengembangan tanaman singkong sebagai bahan baku pengembangan industri tepung mocaf. Kami berfokus mengembangkan hal itu,” kata Abang M Nasir, sekretaris Bappeda Kapuas Hulu, seperti dilansir Antara.

Tepung mocaf merupakan singkatan dari modified cassava flour. Tepung ini adalah hasil olahan singkong dengan cara fermentasi dan menjadi alternatif dari tepung terigu.

Meski terbuat dari singkong yang biasanya bukan jadi makanan favorit sebagian orang, tepung ini memiliki cita rasa lebih baik. Hal ini karena faktor fermentasi yang menghilangkan rasa dan aroma singkong sehingga dapat dinikmati banyak orang.

Tepung ini biasa digunakan untuk mengganti tepung terigu. Untuk pembuatan mi, tepung singkong fermentasi ini dapat mengganti hingga 25 persen penggunaan tepung terigu, kue kering dan biskuit hingga 100 persen, dan roti hingga 30 persen.

Selain itu, tepung dari singkong fermentasi ini memiliki kalsium lebih tinggi dibanding padi dan gandum, daya kembang yang sama dengan gandum tipe menengah, dan daya cerna lebih baik dibanding tapioka gaplek atau singkong yang dikeringkan.

Di Kapuas Hulu, tepung ini biasa digunakan untuk pembuatan kerupuk basah sebagai kuliner khas daerah ini. Menurut Nasir, setiap hari penduduk butuh 10 ton tepung singkong fermentasi.

“Saat ini industri sudah berjalan namun baru menghasilkan satu ton per hari, sehingga masih banyak yang dibutuhkan,” kata Nasir.

Nasir juga mengatakan pemerintah setempat telah menyiapkan perluasan area produksi singkong untuk mendukung industri pembuatan tepung ini. Kata dia, pemerintah akan menyiapkan 10 daerah transmigrasi jadi sentra penanaman singkong.


Sumber: www[dot]kabarna[dot]id
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved