Konten Terbaru:
Home » » Gelar Pangan Nusantara 2015

Gelar Pangan Nusantara 2015

Written By Unknown on Kamis, 24 September 2015 | 24.9.15

Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Amran Sulaiman, MS membuka Gelar Pangan Nusantara 2015 di Padang, Sumatera Barat. Acara tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana harian (Plh) Gubernur Sumatera Barat Ali Asmar, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Gardjita Budi, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar Effendi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Padang pada tanggal 15-18 September 2015 dan merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Provinsi Sumbar. Dalam kegiatan ini tema yang diangkat Strategi Pengembangan Pangan Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Gardjita Budi) mengatakan bahwa, Gelar Pangan Nusantara 2015 sangat strategis dalam mengangkat potensi pangan lokal yang ada di daerah guna mendukung kemandirian dan kedaulatan pangan. Gelar Pangan Nusantara ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap salah satu sumber pangan tertentu. Dengan menkonsumsi pangan lokal, masyarakat akan lebih mengapresiasi pangan dari daerah sendiri dan pentingnya pangan yang beragam bergizi seimbang.

Rangkaian Kegiatan selama Gelar Pangan Nusantara 2015 adalah: Pameran yang menampilkan aneka ragam pangan segar dan olahan yang berasal dari sumber daya lokal di seluruh Nusantara; Workshop dengan Tema “Strategi Pengembangan Pangan Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal” Merupakan kerjasama antara Badan Ketahanan Pangan Kementan dengan Kemenko Bidang Perekonomian Republik Indonesia; Talk Show  dengantema  “Usaha Pangan Lokal Sebagai Penggerak Ekonomi Daerah” menampilkan pembicara Prof. Ahmad Subagio dan Nurmahmudi Ismail (Walikota Depok) dan Kiat-kiat membangun Bisnis Pangan Lokal, menampilkan pengusaha lokal di Sumatera Barat yang sukses mengembangkan pangan lokal;  Bazar Pangan Murah, menyediakan aneka produk pangan pokok dan strategis bagi pengunjung pameran dengan harga yang relatif murah. Bekerja sama dengan Bulog Mart setempat;  Wisata Edukasi, melibatkan peserta yaitu anak sekolah di wilayah Kota Padang; dan  Demo Masak

@http://bkp.pertanian.go.id/berita-357-gelar-pangan-nusantara-2015.html

Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved