Konten Terbaru:
Home » » Kepinding Tepung pada Tanaman Ubi Kayu

Kepinding Tepung pada Tanaman Ubi Kayu

Written By Tepung Mocaf on Minggu, 17 Mei 2015 | 17.5.15

 
Kepinding tepung (mealybug) merupakan hama tanaman ubi kayu yang perlu diwaspadai. Kepinding tepung mempunyai inang yang luas, baik tanaman pangan maupun tanaman hias. Sesaat setelah makan, nimfa muda meneteskan material lilin putih dari tubuhnya, yang akan menyelimuti seluruh permukaan tubuhnya. Pada populasi yang tinggi akan memberikan penampakan seperti adanya kapas pada batang atau pada permukaan bawah daun.

Kepinding tersebut tidak diam, tapi bergerak lambat di permukaan daun atau batang. Kepinding tepung merupakan hama penghisap cairan daun dan batang tanaman. Adanya racun yang terbawa oleh liur hama tersebut menimbulkan gejala kerdil pada daerah titik tumbuh, ruas menjadi pendek, tumbuhnya daun baru yang kecil dan mengkerut.

Dengan meningkatnya kepadatan populasi kepinding, kemungkinan akan menyebabkan layunya titik tumbuh tanaman. Apabila serangan terjadi pada daun-daun bawah, akan menyebabkan kerontokan daun.

Kerusakan ekonomis yang ditimbulkan adalah berkurangnya hasil daun segar (yang dikonsumsi sebagai sayur). Pada intensitas serangan yang tinggi, serangan kepinding juga berakibat terhadap hasil tanaman.

Di daerah Muneng, Probolinggo (Jatim), serangan kepinding tepung yang parah dapat mengakibatkan tanaman tumbuh kerdil, bobot umbi menurun, dan berumbi lebih kecil. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pada saat panen, tanaman yang terserang kepinding mempunyai tinggi 67 cm, sedangkan tanaman yang sehat tingginya mencapai 139,2 cm.

Bobot umbi yang dihasilkan oleh tanaman sehat lebih tinggi (2500 g/tanaman), sedangkan bobot umbi yang dihasilkan oleh tanaman terserang hanya 780 g/tanaman. Selain itu, umbi yang dihasilkan juga berdiameter lebih kecil (2,9 cm) dibanding 4,4 cm pada tanaman yang sehat. Kehilangan hasil diperkirakan hingga 68%.

Informasi lebih lanjut : Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi

Sumber: http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/2188/
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved