Konten Terbaru:
Home » » BPTP dan BI kembangkan tepung Mocaf di Tidore

BPTP dan BI kembangkan tepung Mocaf di Tidore

Written By Tepung Mocaf on Senin, 02 Maret 2015 | 2.3.15

TIDORE - Pulau Tidore terkenal dengan kelimpahan sumberdaya lokal salah satunya Ubikayu. Varietas yang banyak dibudidayakan adalah ubikayu Tidore atau biasa dikenal dengan kasbi Jame-jame. BPTP Malut sejak tahun 2009 sudah mengkaji keberadaan klon ini. Ubikayu Tidore memiliki umur panen 7-9 bulan dengan kandungan pati sebesar 29 %, kadar air 59%, kadar protein 1,1%, Kadar HCN 26,7 ppm, dan serat kasar 2,8%. Warna kulit umbinya adalah coklat kemerahan sedangkan warna umbinya putih. Klon ini memiliki potensi hasil yang sangat tinggi yaitu 78-112 ton/ha, jauh diatas varietas unggul nasional seperti UJ-5 yang hanya memiliki potensi hasil 30-40 ton/ha. Saat ini ubikayu dimanfaatkan sebagai bahan baku sagu kasbi. Mulai tahun 2013, BPTP Malut menginisiasi pengembangan tepung mocaf (modified cassava flour) di Kelurahan Jaya, Tidore. Tepung mocaf menjadi pilihan karena mudah untuk disimpan dan dikembangkan menjadi beberapa aneka produk olahan. Dalam pembuatan mocaf, selama ini petani kesulitan dalam proses penyawutan dan penepungan.

Melalui program MP3MI, pada tahun 2014 dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Tidore, Bank Indonesia, dan BPTP untuk bersama-sama mengembangkan potensi ubikayu menjadi mocaf. Dan tindak lanjutnya adalah pihak BI memberikan bantuan alat slicer dan disc mill untuk 5 kelompok wanita tani di Kelurahan Jaya. Menurut peneliti BPTP Malut, peralatan tersebut diharapkan memudahkan petani dalam proses pembuatan chip dan penepungan. Slicer berfungsi untuk membuat kasava chip sehingga memudahkan untuk pengeringan. Sebelumnya petani hanya menggunakan pisau dapur untuk membuat chip tersebut sehingga membutuhkan waktu yang lama dan tenaga kerja yang banyak. Sedangkan disc mill berfungsi untuk menggiling chip yang sudah kering untuk dijadikan tepung dengan ukuran yang sesuai standar.

Penyerahan peralatan tersebut dilakukan oleh pihak Bank Indonesia Maluku Utara yang disaksikan oleh peneliti BPTP Malut, Sabtu 14 Februari 2015 bertempat di kantor Kelurahan Jaya. Hadir pada kesempatan itu seluruh anggota 5 Kelompok tani di Kelurahan Jaya Tidore. Dalam uji coba alat, diperoleh chip yang dihasilkan sudah seragam dengan ketebalan yang sama sekitar 0,5 mm. Ketebalan ini juga bisa diatur disesuaikan dengan peruntukannya. Begitu juga dengan disc mill, uji coba alat tersebut mampu menghasilkan ukuran tepung dengan mesh yang seragam. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, bisa membantu meningkatkan kapasitas kerja kelompok wani tani di Kelurahan Jaya.

Sumber: http://malut.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=318:bptp-dan-bi-kembangkan-tepung-mocaf-di-tidore&catid=4:info-aktual&Itemid=5
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved