Konten Terbaru:
Home » » KEBIJAKAN SINGKONG: impor Gandum Nigeria Turun

KEBIJAKAN SINGKONG: impor Gandum Nigeria Turun

Written By Tepung Mocaf on Selasa, 10 Februari 2015 | 10.2.15


foto: www.tribune.com.ng

Kebijakan Pemerintah Federal untuk mempercepat produksi tepung singkong dan mengentaskan Nigeria dari ketergantungan tepung terigu dalam pembuatan roti telah menghasilkan dividen bagi negara.

Impor gandum Nigeria turun dari nilai tertinggi 4.051.000 metrik ton pada tahun 2010 menjadi 3,7 juta ton metrik pada tahun 2012.

Hal ini terungkap dalam National Stakeholders’ Forum on Cassava Bread di Abuja Kamis lalu, Menteri Pertanian, Dr. Akinwunmi Adesina, menyatakan optimismenya bahwa ketergantungan Nigeria pada impor gandum akan semakin menurun karena pemerintah terus menerapkan kebijakan instalasi mesin produksi singkong dengan skala industri dan menyebarkan ratusan mesin penggilingan sistem compact-modular.

Nigeria adalah salah satu importir makanan terbesar di dunia, menghabiskan setiap tahun sekitar N635 miliar impor gandum, tepung terigu untuk memproduksi roti, kembang gula, dan makanan lainnya.

Tingkat impor gandum, menurut Menteri, secara ekonomi tidak berkelanjutan. Data menunjukkan bahwa pada tahun 1960an, gandum menyumbang sebagian kecil dari konsumsi pangan nasional. Total impor gandum hanya 78.000 metrik ton pada tahun 1960.
Impor gandum kemudian meningkat menjadi 1,4 juta metrik ton di tahun 1980, 1.913.000 metrik ton pada tahun 2000 dan tertinggi sepanjang masa sebanyak 4.051.000 metrik ton pada tahun 2010 dan pada tahun 2011, Nigeria sudah menghabiskan N635 miliar impor gandum.

Adesina meingatkan bahwa meningkatnya ketergantungan pada impor gandum akan menimbulkan beberapa tantangan bagi perekonomian bangsa yang devisanya dihabiskan untuk impor gandum.

Dia menegaskan bahwa hal itu merupakan konsekuensi negatif bagi Pemerintah Federal, sebagai bagian dari Agenda Transformasi di sektor pertanian, meluncurkan strategi agresif untuk mengganti tepung terigu ke tepung singkong pembuatan dalam roti dan kembang gula.

Pemerintah juga telah mengumumkan sejumlah kebijakan fiskal untuk mendukung rencana substitusi singkong ini.


Adesina mengumumkan bahwa sebagai bagian dari kebijakan singkong, pemerintah memfasilitasi akuisisi sistem penggilingan compact-modular yang akan memungkinkan Produsen Roti mencampur tepung singkong dengan tepung terigu dalam rasio yang tepat.

Sistem penggilingan compact-modular akan dioperasikan oleh beberapa Produsen Roti yang ada dan pengusaha lainnya.

diterjemahkan dari situs: http://shipsandports.com.ng/cassava-policy-nigerias-wheat-imports-drop/
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved