Konten Terbaru:
Home » » Begini kala Prajurit TNI Tanam Padi

Begini kala Prajurit TNI Tanam Padi

Written By Tepung Mocaf on Selasa, 06 Januari 2015 | 6.1.15

Prajurit TNI tanami lahan tidur dengan padi, Senin (5/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rahmad)

Ketahanan pangan didukung TNI.
Prajurit TNI jajaran Kodim 0103, Kodam Iskandar Muda melakukan penanaman padi di Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Senin (5/1/2015). Penanaman padi di areal 14 haktare itu mereka lakukan demi mendukung kebijakan pemerintah untuk melaksanakan program swasembada pangan tiga tahun ke depan. Program yang dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan pangan itu dilakukan dengan memberdayakan Koramil/Babinsa TNI yang memanfaatkan lahan tidak produktif atau lahan tidur di Provinsi Aceh. (Sumber berita: http://www.solopos.com/)

Kodim 0107 Sosialisasi Kader Ketahanan Pangan

Tapaktuan, 6/1 (Antaraaceh) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0107 Aceh Selatan menggelar acara sosialisai kader ketahanan pangan yang dibuka langsung oleh Dandim Letkol Inf Puguh Suwito di aula Makodim Lhok Bengkuang,Tapaktuan, Senin (5/1).
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sampai Selasa itu menghadirkan pemateri dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Aceh Selatan yang mengajari teori dan praktek terkait ketahanan pangan.
Kegiatan ini selain melibatkan puluhan prajurit Kodim 0107 Aceh Selatan juga melibatkan instansi terkait dari Dinas Pertanian serta Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dari setiap kecamatan.
Dandim Puguh Suwito mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan membantu Pemkab Aceh Selatan dalam rangka meningkatkan produksi pangan khususnya padi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian serta persiapan menyambut program swasembada pangan yang telah dicanangkan Bupati H T Sama Indra.
Menurut Dandim, materi yang diajari meliputi teori penyuluhan swasembada pangan, gerakan peningkatan produksi tanaman pangan, pemupukan spesifikasi PTT padi sawah dan pengendalian hama pada tanaman.
Sedangkan kegiatan praktek terbimbing yang dilaksanakan yaitu praktek penanamam padi sistem sejajar legowo 2:1 dan pembuatan pupuk non organik.
“Pentingnya kegiatan ini karena juga berperan sebagai forum untuk meningkatkan wawasan, kreativitas, profesionalisme, kinerja, serta koordinasi dalam upaya mendukung program pemerintah terkait swasembada pangan 3 tahun ke depan,” katanya.
Puguh Suwito berharap, kegiatan sosilisasi ini kiranya dapat memberikan nilai tambah baik pengetahuan maupun keterampilan bagi para peserta, sehingga dapat menjadikan bekal untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Mantan Pabandia Ops Kodam IM ini menuturkan, untuk menjamin terlaksananya gerakan operasional penyuluhan di lapangan, pihaknya mengajak kepada para aparat Koramil jajaran Kodim 0107/Asel untuk benar-benar memahami teknik dalam pertanian yang disampaikan oleh pemateri selama berlangsungnya acara tersebut sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan tepat.
Dandim juga mengajak semua kalangan masyarakat agar bersama-sama bertekad untuk menjadikan tahun 2015 sebagai tahun kerja keras penyuluhan pertanian serta tahun kebangkitan kembali penyuluhan pertanian, agar mampu memberikan inspirasi dan motivasi dalam mensukseskan target utama pembangunan pertanian serta bermanfaat yang sebesar-besarnya untuk mewujudkan  kesejahteraan petani Indonesia.
Kegiatan ini, juga turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Aceh Selatan Junaidi, sedangkan para peserta terdiri dari para Perwira Seksi Teritorial, Danramil dan Babinsa se-jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan.
Sumber berita: http://www.antaraaceh.com/
Share this article :

0 komentar:


Tepung Mocaf

Tepung singkong yang dimodifikasi sehingga berkualitas tinggi...

Untuk Pembelian Tepung Mocaf Hubungi
YULIANA
0271-825266

 
Dipersembahkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Jember
Didukung oleh : Universitas Jember | LPDP | BCM
Copyright © 2015. Tepung MOCAF - All Rights Reserved